Doa dan Zikir juga Adab ketika Memasak agar Makanan lebih Berkah

Advertisement
Advertisement
Doa dan Zikir juga Adab ketika Memasak agar Makanan lebih Berkah- Indahnya Islam. Segalanya ada prosedur. Semuanya ke arah mendekatkan diri kepada Allah. Banyak doa-doa dan zikir-zikir yang disarankan untuk kita amalkan. Sehinggakan doa ketika di dapur pun ada. Orang yang cerdas dan berpikiran sehat adalah mereka yang mengelola (me-manage) amal-amalannya sehingga semua kegiatan mereka menjadi lebih sempurna.

Bunda dan sista , ade maupun kakak, yang suka memasak....Buat siapa saja yang sibuk menguruskan rumah seperti memasak dan mengemas pasti senantiasa sibuk dengan kaki dan tangan yang sentiasa bergerak untuk menjalankan tugas. Waktu itu adalah masa di mana mulut kita pasti terdiam.

Alangkah ruginya dan malunya...Jika Kerja yang kita lakukan amat mulia itu kalo tidak ingat kepada Alloh tuhan yang menguasai dan mempunyai alam serta isinya, termasuk kita yang sedang di beri kesibukan memasak, raga maupun jiwa kita hanya Alloh yang menggerakannya dan itu merupakan kasih sayang dan kenikmatan dari alloh...Tidakkah kita mau menambahnya dengan pahala dan keberkahan?. Jadi lidah dan hati hendaklah sentiasa berzikir, berpikir dan bersholawat sebagai rasa syukur dan pengabdian kita kepada Dzat yang mempuyai asma Alloh. Bukan saja akan memperoleh pahala malah menambahkan lagi keberkahan rezeki yang dikurniakan Ilahi. Makanan yang berkah sumber kesihatan badan yang baik, Insya Allah.

Makanan yang dimasak dari hasil tangan kita dengan hati yang penuh dengan keikhlasan, penuh adab dan terjaga kesuciannya adalah rahasia air tangan ibu solehah dan penambat kasih sayang keluarga. Maka Mulai dengan membaca doa setiap kali memasak atau pun semua kegiatan apa saja yang baik dipandang alloh. Seengga- enggaknya kita awali dengan membaca basmallah "Karena ada keterangan . Bahwa sesuatu perbuatan yang baik tanpa dimulai dengan bacaan Bismillah maka ia akan terputus daripada rahmat Allah SWT".Nauzubillahminzalik.

http://zakiya9.blogspot.com/2016/09/doa-dan-zikir-ketika-memasak-serta-adab.htm
Doa dan Zikir ketika Memasak serta Adab Memasak 

Sepertinya terlau panjang lebar pembahasan kita sebaiknya langsung saja Pada kesempatan ini zakiya9 akan membahas Doa dan Zikir ketika Memasak serta Adab Memasak agar makanan yang kita makan menjadi berkah, enak dan lezat diantarannya:

1.Sebaiknya kita mengambil air wudu terlebih dahulu.
2.Menutup kepala /aurat
3.Mengerjakan solat sunat.
4.Membaca doa masuk dapur yaitu:


بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيم


Doa Masuk Dapur


رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا


Wahai Tuhan kami! Kurniakanlah kami rahmat dari sisiMu, dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami. [18:10]


Doa Waktu Sukat Beras (Baca 3 kali)

الحَمدُ للهِ الَذي اطْعَمَنَا مِنْ جُوعٍ


Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan daripada kelaparan.


Doa Buka Periuk (Baca 3 kali)


اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ


Ya Allah berkatilah kami daripadanya dan kurniakanlah kami makanan yang lebih baik darinya (At-Tarmizi 5/506. Sahih At-Tarmizi 3/158.) p/s : sunnahnya buka tudung periuk hanya separuh sahaja, insyaALLAH ada keberkahan.

Zikir Waktu Masak (Baca 3 kali)


لَيْسَ لَهَا مِنْ دُونِ اللَّهِ كَاشِفَةٌ


Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu (kiamat) selain Allah. [53:58]


Doa Potong Sayur & Buah(Baca 3 kali)


فَذَبَحُوهَا وَمَا كَادُوا۟ يَفْعَلُونَ


Maka mereka pun menyembelih ia, dan hampir-hampir mereka tidak menunaikan (perintah Allah) itu. [2:71]

Doa Letak Periuk/Kuali Atas dapur (Baca 3 kali)


فَسَيَكْفِيكَهُمُ اللَّهُ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ


Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. [2:137]


Doa Simpan Beras (Baca 3 kali)


وَتَرْزُقُ مَن تَشَاء بِغَيْرِ حِسَابٍ


Engkau jualah yang memberi rezeki kepada siapa saja yang Engkau kehendaki, dengan tiada hitungan hisabnya. [3:27]


Doa Untuk Sedapkan Makanan


Selawat Nabi 3x (ALLAH HUMMASYALLI AALA SYAIYIDINA MUHAMMAD)
Istighfar 3x (ASTAGFIRULLAH HAL AZIMMM) 
Baca juga:
- Doa Sebelum Berhubungan Badan Suami Istri.
- Doa Ketika Masuk Masjid dan Keluar dari Dalam Masjid.

Demikian artikl Doa dan Zikir juga Adab ketika Memasak agar Makanan lebih Berkah yang dapat di sampaikan dan InsyaAllah dengan mengamalkan do'a dan adab memasak di atas, masakan kita akan diberi keberkahan dan masakan kita semakin lezat. Semoga bermanfaat dan semoga bisa mengamalkannya dengan istiqomah, demi menggapai iman yang lebih sempurna dalam menjalankan ibadah kepada Alloh SWT. Selamat beramal.!!

Doa memasak, doa memasak agar enak, doa saat memasak, doa memasak untuk suami, doa masak untuk suami, doa agar masakan sedap, doa ketika memasak makanan, doa ketika memasak nasi, doa sebelum memasak.

Advertisement